Kuliah Statistika Psikologi Semester Ganjil 2017/2018

Selamat datang di kelas statistika psikologi. Di mata kuliah ini, kita akan belajar bersama teknik-teknik statistika inferensial yang banyak digunakan dalam penelitian kuantitatif di bidang psikologi. Materi perkuliahan akan diunggah secara rutin. Silahkan memonitor update di posting ini, khususnya untuk mengunduh materi perkuliahan

1. Materi pertemuan 1 dapat diunduh di sini

2. Materi pertemuan 2 dapat diunduh di sini

3. Materi pertemuan 4 dapat diunduh di sini

4. Materi pertemuan 6 dapat diunduh di sini

5. Untuk latihan perangkat lunak analisis data silahkan unduh data di sini

6. Materi pertemuan 9 dapat diunduh di sini.

Jawaban latihan di kelas dapat diunduh di sini

7. Materi pertemuan 10 (dan data yang akan dianalisis) dapat diunduh di sini

8. Materi pertemuan 11 dapat diunduh di sini.

Jawaban latihan di kelas dapat diunduh di sini

9. Materi pertemuan 12 dapat diunduh di sini

10. Materi pertemuan 13 sd 15 (dan data yang akan dianalisis) dapat diunduh di sini

Latihan dengan perangkat lunak berfokus pada penggunaan R-Studio. Silahkan pastikan package ez, lsr, dan effsize. Pastikan sebelum perkuliahan dimulai maka R-Studio Sudan aktif dan anda telah mendownload semua files .csv yang akan dianalisis

UAS bersifat objektif open book. Tidak diperkenankan menghitung dengan gadget namun diperkenankan menggunakan kalkulator.

====

PENGUMUMAN

Untuk nilai akan dientry bertahap. Silahkan dicek di link berikut. Bagi Kelas D, maka entry tersebut merupakan gabungan dari entry nilai yang dilakukan oleh 2 pengampu mata kuliah (Unita & Ratri).

Per 24 Desember 2017, telah terdata nilai UTS untuk kedua kelas. Lembar UTS dapat diambil di asisten praktikum setelah tanggal 26 Desember 2017. Silahkan janjian dengan asisten praktikum masing2 kelas. Terkait dengan hasil UTS, terdapat pencapaian gemilang di kelas B, dengan rata-rata yang secara signifikan mengungguli kelas D.

Screen Shot 2017-12-23 at 8.24.55 PM

 

Jikalau terdapat hipotesis null bahwa kemampuan dan pemahaman statistik kelas B dan D adalah sama, maka dari hasil analisis di atas terdapat bukti untuk menolak hipotesis null tersebut * (t (117) = 3.569, p < 0.001; M kelas B=80.67, N=60; M kelas D=69.13, N=59).

Silahkan cek juga visualisasi data di bawah ini.

Analisis UTS B dan D

*perlakuan dosen untuk kedua kelas setara dan kedua kelas mengerjakan soal UTS yang sama persis

PS: untuk kelas D, semoga hasil evaluasi bu Ratri lebih cerah akhirnya. Anggap saja ini hiburan menunggu nilai akhir keluar :)

 

PENGUMUMAN TERAKHIR

Silahkan cek nilai akhir statistik psikologi untuk kelas B dan D di link berikut ini. Konfirmasi nilai dilayani hari Jum’at (5 Januari 2018) pukul 13-14. Silahkan japri dosen terlebih dahulu. Terima kasih

Comments are closed.